7 Kegunaan buah pisang yang bermanfaat untuk kesehatan
Enter subtitle here


Buah pisang merupakan buah yang kental sekali di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Buah ini mudah sekali ditemui, karena banyak ditanam dikebun-kebun ataupun ditanah pekarangan rumah terutama bagi yang tinggal di pedesaan.
Akan tetapi jangan khawatir bagi anda yang tidak memiliki pohon pisang sendiri, karena buah pisang banyak dijual dipasar maupun di supermarket atau bahkan dipinggir jalan.
Buah pisang mengandung tiga gula alami sukrosa,fruktosa dan glukosa yang dapat berfungsi untuk meningkatkan energi. Penelitian telah membuktikan dua porsi pisang mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.
Hasil penelitian menemukan bahwa pisang dapat digunakan sebagai obat alami untuk penyakit sebagai berikut:
1. Anemia
Tinggi zat besi,buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan sangat membantu dalam kasus anemia atau kurang darah.
2. Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi,banyak orang merasa lebih baik setelah mereka mengkonsumsi buah pisang. Hal ini terjadi karena buah pisang mengandung trytophan,sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dikenal bisa membuat tenang,memperbaiki suasana pikiran dan secara umum membuah anda merasa lebih baik.
3. Sembelit
Pisang membantu mempermudah kegiatan pencernaan,membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksatif.
4. Mabuk dan muntah
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake pisang yang dimaniskan dengan madu. Pisang menenangkan perut dan dengan batuan madu membangun kadar gula darah sementara susu menenangkan dan mengobati/menormalkan hydratasi.
5. PMS(Pre Menstrual Syndrome)
Vitamin B6 yang dikandungnya mengatur kadar glukosa darah,yang dapat mempengaruhi suasana pikiran anda.
6. Tekanan darah tinggi
Buah-buahan tropis unik ini sangat tinggi kalium tetapi rendah garam,adalah cara sempurna untuk mengalahkan tekanan darah. Karena hasilnya yang sangat nyata di Amerika,Food and Drug Administration mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan stroke.
7. Kemampuan otak/kecerdasan
Siswa di Twickenham,Middlesex,Inggris terbantu saat ujian karena memakan pisang pada saat sarapan,istirahat dan makan siang. Penelitian menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa lebih bisa berkonsentrasi.
Nah, bagi anda yang memiliki pekarangan yang masih kosong, ada baiknya dimanfaatkan untuk menanam pohon pisang, karena selain memiliki fungsi dan khasiat yang banyak, untuk memperoleh tunas pohon pisang cukup mudah.